Top Menu

Politik

Gelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkada, Panwascam Woja Hadirkan Pemateri di Luar Daerah

Zona Kasus
, September 28, 2024 WAT
Last Updated 2024-09-28T08:58:24Z
Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima, Doktor Taufik Firmanto, S.H, LL.M saat menyampaikan materi. Foto Poris. zonakasus.com.


Dompu, zonakasus.com - Untuk mendukung kelancaran dan transparansi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang rencananya akan digelar pada Rabu 27 November 2024 mendatang, Panwas Kecamatan Woja menggelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu.


Sosialisasi tersebut berlangsung di Caffe Laberka, Kelurahan Bali, Kecamatan Dompu pada Sabtu (28/9) dengan menghadirkan pemateri Dr. Taufik Firmanto, S.H, LL.M, Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Muhammadiyah Bima sebagai pemateri.


Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Camat Woja, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Woja, perwakilan Polsek Woja, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Woja dan beberapa perwakilan dari pengurus partai Politik. 


Adapun tujuan utama dalam sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat tentang pentingnya pengawasan dalam setiap tahapan pemilu, mulai dari tahap kampanye hingga hari pencoblosan.


Ketua Panwas Kecamatan Woja, Hasanuddin, S.Pdi dalam sambutannya mengatakan, peran para pihak terutama masyarakat dalam mengawasi jalannya Pilkada sangat krusial untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dapat merusak demokrasi. 


Dan masyarakat juga adalah ujung tombak dalam pengawasan Pilkada dengan partisipasi aktif sehingga dapat memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan jujur, adil dan transparan.


"Kita selaku penyelenggara berharap proses Pilkada nanti menjadi wadah untuk menyatukan persepsi, bagaimana mewujudkan Pilkada ini, menjadi Pilkada yang damai, jujur adil dan integritas sesuai amanat Undang-undang Pilkada," kata Ketua Panwas Kecamatan Woja.

Sesi foto bersama usai kegiatan sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkada 2024. Foto. Poris. zonakasus.com.


Hasanuddin juga berharap bahwa materi yang disampaikan Dr. Taufik Firmanto dapat menjadi rujukan berbagai pihak terutama para tamu undangan yang hadir untuk dapat diterapkan dalam proses tahapan Pilkada hingga pencoblosan nanti.


"Semoga penyampaian narasumber nanti bisa dijadikan landasan untuk mewujudkan daerah Dompu yang Baldatun, Toyyibatun, Wa Robbun Ghofur," harap Ketua Panwas Kecamatan Woja.


Di tempat yang sama, Camat Woja,  Menjaga stabilitas keamanan pada seluruh stakeholder yang ada di wilayah yang ia pimpin baik terhadap pemangku jabatan Polri/TNI para ASN, Lurah dan Kepala Desa maupun tokoh pemuda dan tokoh masyarakat 


"Saya berharap agar para ASN harus menjaga netralitas dalam Pilkada, sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan seperti proses hukum atas pelanggaran yang mengarah ke Pidana jangan dilakukan," tandas Camat Woja.


Untuk diketahui, usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber, dan materi pertama disampaikan oleh Mujtahidih dengan judul "Strategi Pengawasan Dalam Pilkada".


Sementara, pemateri kedua disampaikan Dr. Taufik Firmanto yang berjudul "Kerawanan Tahapan Dan Dalam Pengawasan Pilkada Serentak" dan usai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dengan para tamu undangan [ZK-01]

SepekanMore