Top Menu

KPUD Dompu Luncurkan Pilkada 2024 Mendatang

KPUD Dompu Luncurkan Pilkada 2024 Ditandai Penekanan Tombol Sirine oleh Bupati AKJ

Zona Kasus
, Mei 25, 2024 WAT
Last Updated 2024-05-28T08:30:36Z
Detik-detik Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menekan tombol srine pertanda peluncuran Pilkada 2024 mendatang. Foto. Poris. Zonakasus.com.


Dompu, zonakasus.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dompu meluncurkan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan tema "Kita Wujudkan Pilkada dengan Semangat Manggini Manggari Mataroa".


Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan ditandai dengan penekanan tombol sirine yang bertempat di Taman Kota Dompu pada Sabtu (25/5) malam, sekira pukul 19.30 Wita. 


Hadir pada kesempatan ini Bupati Dompu, didampingi istri tercinta selaku Ketua TP-PKK, Wakil Bupati Dompu, Ketua KPU Provinsi NTB, Ketua KPU Dompu, Ketua Bawaslu dan Komisioner, Ketua DPRD dan wakil Ketua DPRD Dompu serta ratusan warga Kabupaten Dompu.


Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arif Rahman dalam sambutannya menjelaskan, Pilkada tahun ini dimaknai sesuai tema yang diangkat yakni Manggini, Manggari, Mataroa. 


Manggini artinya proses pilkada yang berkualitas dengan mengedepankan integritas tahap aturan serta solidaritas kemanusiaan.


Manggari artinya masyarakat menghadapi pilkada dengan suka cita dan riang gembira dipenuhi dengan semangat kekeluargaan dan perdamaian, serta menjunjung tinggi peradaban dan menggapai rahmat kebinekaan.


Mataroa artinya hasil pilkada menjamin harapan kedaulatan rakyat atas kesejahteraan, keadilan dan persatuan.


"Manggini, Manggari, Mataroa kami jadikan sebuah acuan kekompakan dan kebersamaan, bagaimana Pilkada kedepan untuk sama-sama mencintai kedamaian walaupun kita beda pilihan," terang Arif Rahman.


Komisioner KPU juga mengungkapkan mengapa perlu melakukan peluncuran kegiatan tersebut. Selain menciptakan pemilihan aman damai juga untuk mewujudkan Pemilu yang bermartabat. 


"Kepada seluruh pihak penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu mari kita selalu menjaga integritas dalam mensukseskan pemilu demi Dompu yang kita cintai ini," ajaknya.


Bukan hanya pihak-pihak terkait, Arif Rahman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyambut baik pelaksanaan Pilkada. 


Menurut Arif Rahman, Pilkada merupakan jalan keluar dari seluruh persoalan yang ada di daerah, terutama di Bumi Nggahi Rawi Pahu, Kabupaten Dompu. 


"Mari kita jadikan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak se-nasional ini sebagai pintu masuk yang benar. Sebagai jalan keluar yang benar dari seluruh persoalan. Juga menjadi kekuasaan yang menolong, bukan kekuasaan yang mencelakakan masyarakat," pungkas Arif Rahman di akhir sambutannya.


Untuk diketahui, sebelum acara peluncuran Pilkada 2024 berlangsung, kegiatan tersebut diisi dengan acara hiburan dengan menampilkan tarian tradisional serta pembagian doorprize sehingga menarik perhatian para tamu undangan. 


Bahkan, pelataran Taman Kota Dompu dipadati dengan tamu undangan mulai dari anak-anak hingga yang berusia dewasa, antusias mereka luar biasa hingga rela berdiri karena tidak dapat kursi yang disediakan hanya untuk menyaksikan acara yang digelar oleh KPUD Dompu tersebut. [ADV]

SepekanMore