Top Menu

Bupati Dompu Kunjungi Gudang Pengepung Jagung

Pastikan Harga Jagung tetap Terjaga, Bupati Dompu Tinjau Dua Perusahaan Pengepung

Zona Kasus
, Maret 26, 2024 WAT
Last Updated 2024-03-30T04:39:18Z
Saat berkunjung di PT Sinar Argo Gemilang. Dok. Zonakasus.com.


Dompu, zonakasus.com - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani beserta rombongan Safari Ramadhan meninjau dua perusahaan pengepung yakni PT Sinar Argo Gemilang dan PT Subur Mega Perkasa pada Rabu (27/32024). 


Hal itu dilakukan untuk memastikan harga jagung tetap terjaga, alat ukur dan timbangan sudah ditera atau layak secara meteorologi, serta mengkonfirmasi rencana penyerapan hasil panen di masing-masing gudang.


Informasi yang diperoleh di lapangan bahwa hasil kunjungan tersebut menyatakan bahwa seluruh gudang telah melaksanakan kewajiban melakukan tera dan tera ulang alat ukur serta timbangan yang digunakan dalam transaksi jual-beli jagung. 


Untuk rencana penyerapan di masing-masing gudang, juga telah terkonfirmasi, bahwa rencana penyerapan masing-masing 100 ribu ton. Kondisi tersebut menggambarkan adanya kepastian pasar atas jagung yang diproduksi oleh petani. 


Sedangkan harga beli di tiap-tiap gudang hingga saat ini masih tercatat harga tertinggi dengan kisaran Rp 4.800 hingga Rp 5000 per kilo gram untuk Kadar Air (KA) 17 persen.


Dalam kegiatan ini pula, selain dalam rangka upaya perlindungan petani dari sisi harga maupun alat ukur transaksi, juga digunakan untuk mendengarkan berbagai informasi berupa keluhan dan harapan para pelaku usaha dan petani (yang datang ke gudang). 


Sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu dapat membangun simbiosis mutualisme yang baik antara para petani jagung dan para pengusaha.


Selain itu, menjadi ruang bagi Pemda Kabupaten Dompu untuk merumuskan kebijakan lanjutan yang berujung pada terjaganya iklim perekonomian daerah. [ADV]

SepekanMore