Top Menu

Bazar GPMUpaya Pemda Tekan Laju Inflasi Daerah

Bupati Dompu : Bazar GPM, Upaya Pemda Tekan Laju Inflasi Daerah

Zona Kasus
, Maret 05, 2024 WAT
Last Updated 2024-04-01T06:23:36Z
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani. Dok. Zonakasus.com.


Dompu, zonakasus.com - Bupati Dompu H. Kader Jaelani menghadiri sekaligus membuka kegiatan Bazar Gerakan Pangan Murah (GPM) tahap pertama tingkat Kabupaten Dompu yang diadakan di lapangan Makodim 1614/Dompu, Rabu (06/03/24).


Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan naiknya harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan menyebabkan terjadinya inflasi disejumlah Daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Dompu.


Harga kebutuhan pokok seperti beras sudah melambung tinggi dipasaran, hal ini diakibatkan kondisi cuaca ekstrem El Nino yang menyebabkan musim kemarau berkepanjangan sehingga pasokan atau suplai beras dari petani berkurang.


Tentunya melihat kondisi ini  Bupati Dompu menyebutkan. "Jika hal ini terus-menerus dibiarkan tentu akan sangat meresahkan warga masyarakat," katanya.


Bupati menambahkan meringankan beban masyarakat Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan tujuan menekan pengendalian inflansi untuk menjaga stabilitas harga.


"Mudah-mudahan GPM ini yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dibawah harga standar pasar bisa sedikit meringankan beban masyarakat," ujaranya.


Sebelumnya Kadis Ketahanan pangan Kabupaten Dompu, Ilham SP. melaporkan, GPM hari ini bisa terlaksana berkat kerjasama Dinas Ketahanan Pangan, Kodim 1614/Dompu, Bulog dengan berbagai pihak lainnya.


Selama Ramadhan nanti GPM akan diadaan sebanyak tiga tahap dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Dompu.


Adapun kebutuhan pokok yang disediakan yang di drop oleh Bulog untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  pada hari ini yaitu beras sebanyak 6 ton, minyak goreng 1000 Liter, telur 500 Krak dan gula putih sebanyak 500 Kg.


Selain sejumlah kebutuhan pokok yang disediakan pada bazar Gerakan Pangan Murah juga disediakan stand untuk beberapa UMKM yang menjual panganan lokal dan beberapa kebutuhan lainnya.


Ikut Hadir pada kegiatan Bazar GPM yakni Dandim 1614/Dompu, Kapolres, Kadisperindag, Kadis Koperasi dan UKM serta perwakilan Pengurus PKK Kabupaten Dompu. [ADV]

SepekanMore