Top Menu

Demo Massa PMPK

PMPK Desak Kepala Dikes Dompu untuk Segera Evaluasi Kinerja Kepala Puskesmas Kilo

Zona Kasus
, Februari 12, 2024 WAT
Last Updated 2024-02-13T02:35:59Z
Massa aksi PMPK saat berorasi di depan gedung Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu. Foto ist. 


Dompu, Zonakasus.com - Persatuan Mahasiswa dan Pemuda Kilo (PMPK) menggelar aksi demonstrasi Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu pada Senin (12/2/2024) pagi.


Massa aksi mendesak Kepala Dikes Dompu untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Puskesmas Kilo, Rusdin, S.Km.


Kordinator Lapangan (Korlap) aksi, Irwansyah mengatakan, banyak masalah yang dilakukan oleh Kepala Puskesmas Kilo di dalam pelayanan masyarakat. 


"Kami mendesak Kepala Dikes Dompu untuk segera mengevakuasi kinerja kepala Puskesmas Kilo," tegas Irwansyah pada media ini saat orasi di depan Kantor Dikes Dompu. 


"Kami juga mendesak Kepala Dikes untuk segera mengambil sikap atas perlakuan dugaan premanisme dilakukan Kepala dan Stafnya beserta preman yang dihadirkan saat audiensi bersama di Puskesmas setempat," lanjut Irwansyah. 


Tak hanya itu, massa aksi juga meminta dengan tegas untuk memperjelas pembuangan limbah pada seluruh Puskesmas se-Kabupaten Dompu.


"Kami juga meminta agar transparansi dalam pengalokasian anggaran Puskesmas se-Kabupaten Dompu dan meminta transparansi anggaran yang diberikan kepada puskesmas se-Kabupaten Dompu," jelas Irwansyah lagi.

Dialog antara massa aksi dan Kepala Dikes beserta jajarannya tengah berlangsung. Foto ist. 


Usai berorasi secara pergantian, massa aksi diterima oleh Kepala Dikes dan meminta beberapa orang keterwakilan guna melakukan dialog dalam ruangan. 


Dalam dialognya, Kepala Dikes Dompu, Maman, M. Kes berjanji bakal memanggil Kepala Puskesmas Kilo. 


"Kami akan memanggil kepala Puskesmas Kilo beserta jajarannya untuk dimintai keterangan berdasarkan tuntutan ini," janji Kepala Dikes. 


"Dan kami juga akan memanggil Kepala Puskesmas di tiap-tiap wilayah untuk mempertanyakan kejelasan terkait tuntuan massa aksi," sambung Kepala Dikes. 


Di ujung penyampaiannya, Kepala Dikes menawarkan mediasi dengan Kepala Puskesmas Kilo agar dapat menyelesaikan persoalan yang terjadi. 


"Saya akan memanggil Kepala Puskesmas Kilo beserta jajarannya yang tau persis persoalan ini, apalagi keterangan adik-adik ini sudah ada sama kami, Insya Allah secepatnya," pungkas Kepala Dikes. [ZK-02]

SepekanMore